Investasi Kota Bengkulu Tahun 2023 Tembus Rp. 2 Triliun, Proyeksi Meningkat di Tahun 2024

Azizul Fikri
investasi kota bengkulu tahun 2023
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu - Irsan Setiawan
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu – Prestasi gemilang tercatat dalam catatan investasi Kota Bengkulu pada tahun 2023 yang berhasil melampaui target signifikan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu mengumumkan bahwa realisasi investasi di Kota Bengkulu pada tahun lalu mencapai angka fantastis, melebihi Rp. 2 triliun.

Menurut pernyataan yang disampaikan oleh Kepala DPMPTSP Kota Bengkulu, Irsan Setiawan, investasi pada triwulan ketiga tahun 2023 telah mencapai angka Rp.1,99 triliun. Angka tersebut jauh melampaui ekspektasi dan menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan dalam sektor investasi di Kota Bengkulu.

Namun, belum termasuk dalam angka tersebut adalah potensi investasi yang belum diverifikasi oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, yang mencapai Rp. 354 miliar. Dengan demikian, harapan untuk mencapai target investasi sebesar Rp. 2 triliun pada tahun 2023 ini semakin mendekati kenyataan.

Baca:  Dapur Kapal Pesiar Terbesar di Dunia: Sehari Memasak Ribuan Porsi

Irsan Setiawan juga menyampaikan optimisme bahwa kinerja investasi di Kota Bengkulu akan terus meningkat.

“Kami optimis bahwa investasi di Kota Bengkulu akan terus berkembang pesat dan melampaui target yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk proyeksi target investasi di tahun 2024, hal tersebut masih menunggu hasil verifikasi dari BKPM RI atas investasi yang dilakukan pada tahun sebelumnya. Setelah verifikasi tersebut selesai, akan ditetapkan target investasi nasional yang akan berdampak pada penetapan target investasi di tingkat provinsi hingga ke kabupaten/kota.

Peningkatan signifikan dalam investasi di Kota Bengkulu ini menjadi bukti konkret atas upaya pemerintah setempat dalam menciptakan lingkungan investasi yang kondusif dan menarik bagi para investor. Diharapkan, tren positif ini akan terus berlanjut dan memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca:  Pembangunan Auning di Pantai Panjang, Pemerintah Provinsi Bengkulu Genjot Potensi Pariwisata

Selain itu, peningkatan investasi juga memberikan dorongan positif bagi pembangunan infrastruktur, penciptaan lapangan kerja, dan transfer teknologi ke wilayah Bengkulu. Hal ini dapat memperkuat daya saing Kota Bengkulu dalam skala regional maupun nasional.

Dalam upaya menjaga momentum positif ini, pemerintah Kota Bengkulu berkomitmen untuk terus memperbaiki regulasi investasi, menyediakan fasilitas yang memadai bagi para investor, serta meningkatkan pelayanan terpadu bagi para pelaku usaha. Dengan demikian, diharapkan Kota Bengkulu dapat menjadi destinasi investasi yang semakin menarik bagi para investor domestik maupun internasional.

Melihat potensi yang masih besar dan dukungan yang kuat dari pemerintah daerah, para pelaku industri, dan masyarakat, prospek investasi di Kota Bengkulu diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan yang positif di masa mendatang. Hal ini tentu saja akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan dan kemajuan ekonomi daerah serta kesejahteraan masyarakat Kota Bengkulu secara keseluruhan.

Gege Interior Bengkulu