Dempo XLer

Optimisme Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: Tantangan dan Peluang di 2023

Andi Hartono
pertumbuhan ekonomi indonesia
Ekonom senior dari Universitas Indonesia, Chatib Basri: Saat ini ICOR Indonesia berada di level 6,8, yang menunjukkan setiap pertumbuhan 1% memerlukan investasi tambahan sebesar 6,8% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu – Menghadapi tantangan dan peluang dalam mencapai pertumbuhan ekonomi indonesia yang optimal di tahun 2023. Menurut para ahli ekonomi, meskipun tantangan global masih ada, terdapat potensi untuk mengatasi hambatan tersebut.

Tantangan Global

Tantangan global seperti ketidakpastian ekonomi dunia masih mempengaruhi Indonesia. Meskipun begitu, ekonom senior dari Universitas Indonesia, Chatib Basri, menyatakan bahwa Indonesia memiliki peluang untuk menghadapi tantangan ini dengan mengoptimalkan sumber daya internal.

Incremental Capital Output Ratio (ICOR)

Salah satu hambatan utama pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah tingginya Incremental Capital Output Ratio (ICOR). Basri mengungkapkan bahwa saat ini ICOR Indonesia berada di level 6,8, yang menunjukkan setiap pertumbuhan 1% memerlukan investasi tambahan sebesar 6,8% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Untuk mencapai target pertumbuhan 7%, perlu ada upaya meningkatkan efisiensi investasi.

Baca:  Hindari Tragedi Pemilu 2019: KPU Gandeng Kemenkes Antisipasi Risiko Kesehatan Petugas Pemilu

Peluang Melalui Investasi

Meskipun tantangan yang dihadapi cukup kompleks, terdapat optimisme terkait peluang melalui investasi. Basri menekankan pentingnya peningkatan investasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Strategi Produktivitas

Penting untuk menciptakan strategi produktivitas yang efektif guna menurunkan ICOR. Basri menyarankan bahwa peningkatan produktivitas akan membantu mengimbangi keterbatasan investasi, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat berada pada level yang diinginkan.

Harapan Pemerintah

Pemerintah Indonesia menanggapi tantangan ini dengan merancang kebijakan pro-investasi dan reformasi struktural. Mereka berharap agar langkah-langkah ini dapat meningkatkan iklim investasi dan memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan Ekonomi

Meskipun Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang diinginkan, optimisme terus berkembang. Dengan fokus pada peningkatan investasi, peningkatan produktivitas, dan dukungan pemerintah, Indonesia memiliki potensi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di tahun 2023.

Gege Interior Bengkulu