Dempo XLer

Pantai Laguna Samudra salah satu favorit wisata di bengkulu

Azizul Fikri
Pesona Pantai Laguna Samudra
Pesona Pantai Laguna Samudra
Tokoh Komputer Bengkulu

Pantai Laguna Samudra dan pesonanya yang ciamik

SorotBengkuluWisata di bengkulu memang tergolong sangat banyak. salah satunya adalah Pantai Laguna samudra yang berada di Kabupaten Kaur. Pantai Laguna Samudra memikat dengan pesonanya yang tak kalah eksotis di mata nasional dan dunia.

Pantai Laguna Samudra cukup terkenal sebagai destinasi wisata di Bengkulu. Kabupaten Kaur tidak hanya menawarkan keunikan kuliner hasil lautnya, melainkan juga menghadirkan Pantai Kaur sebagai tempat wajib bagi para wisatawan yang mencari tempat healing ditengah tekanan dari pekerjaan.

Pantai ini menjadi destinasi populer di hari-hari biasa dan bahkan akhir pekan. Hal ini berkat fasilitas lengkap yang telah tersedia di sekitar Pantai, mulai dari penginapan hingga kuliner yang menggoda selera.

[ez-toc]

Sejarah Pantai Laguna

Pantai Laguna mulai dikenal publik pada tahun 2002. Pada awalnya hanya hutan blantara yang kemudian dikelola oleh pihak desa Merpas. Dengan atas izinnya pihak desa Merpas dan juga masyarakat setempat tepatnya pada tahun 2002 untuk pertama kalinya pantai laguna dibuka untuk umum.

pantai dengan luas 7000 m2 yang memiliki pasir putih serta memiliki air berwana kebiruan dengan hamparan karang-karang yang hampir memenuhi pinggir pantai. Selain memiliki pasir yang putih juga memiliki bibir pantai yang luas dan memiliki pemandangan yang menjadi keindahan tersendiri untuk Pantai Laguna.

Keindahan Alam Pantai Laguna

Pantai Laguna Samudra telah menjadi primadona di kawasan Pantai selama ini. Pengunjung diajak untuk berinteraksi langsung dengan keaslian alam, mulai dari pesona Terumbu Karang, pasir putih, hingga hewan-hewan laut di pinggiran pantai. Lebih istimewa jika dapat menyaksikan matahari terbit hingga senja, momen yang paling menyembuhkan kegalauan yang ada.

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta
foto : ig @pantai_laguna_samudra

Pantai Laguna dengan hamparan pasir putih dan juga memiliki air berwarna kebiruan.Wisata Pantai Laguna ini memiliki fasilitas yang bernama Jembatan Cinta, dimana pengunjung yang datang dapat menaiki jembatan cinta untuk sekedar berfoto maupun melihat keindahan Pantai Laguna dari atas jembatan.

Tempat Duduk Pohon

Selain memiliki Jembatan Cinta pengujung juga mendapatkan fasilitas Tempat Duduk Pohon yang secara langsung menghadap ke arah laut, selain untuk berfoto pengunjung juga dapat bersantai menikmati indahnya Pantai Laguna dari atas pohon.

Perahu Keliling

Ditempat wisata Pantai Laguna pengunjung dapat menyewa Perahu Keliling dengan harga sewa yang lumayan terjangkau sekitar Rp. 10.000,-/satu kali keliling Pantai Laguna

Baca:  Wisata Bengkulu yang Harus Dikunjungi, Berikut Daftar Destinasinya

Ayunan Jodoh
Pengunjung ditempat ini juga dapat merasakan fasilitas seperti Ayunan Jodoh, yang mana fasilitas ini bebeda karena Ayunan Jodoh ini persis berada dipinggir Pantai Laguna

Aktivitas Wisata di Pantai Laguna

Aktivitas Berenang
Menikmati  keindahan perairan Pantai Laguna Samudra yang jernih dan tenang. Penyediaan area yang aman dan terkawal untuk para pengunjung yang ingin berenang. Keamanan perairan dan pengawasan yang ketat demi keselamatan pengunjung.

Berjemur di Pasir Putih
Kelezatan pasir putih Pantai Laguna Samudra sebagai tempat ideal untuk berjemur.Fasilitas penyewaan payung dan kursi untuk kenyamanan pengunjung.Informasi tentang keberagaman flora dan fauna yang dapat ditemui di sekitar pantai.

Melihat Keindahan Terumbu Karang
Penjelasan mengenai ekosistem terumbu karang yang unik di sekitar pantai.Aktivitas snorkeling sebagai cara populer untuk mengamati kehidupan laut yang beragam. Upaya konservasi terumbu karang dan peran pengunjung dalam melestarikannya.

Olahraga Air

Selancar
Potensi ombak yang cocok untuk para peselancar pemula hingga yang berpengalaman. Belajar selancar dari instruktur berlisensi yang dapat membantu pengunjung yang ingin mencoba selancar.Keamanan selama beraktivitas selancar dan penggunaan peralatan pelindung.

Snorkeling
Tempat-tempat terbaik untuk snorkeling di sekitar Pantai Laguna Samudra. Informasi mengenai biota laut yang dapat ditemui saat snorkeling. Saran peralatan snorkeling yang diperlukan dan penyediaan fasilitas sewa.

Diving
Deskripsi spot-spot menyelam yang menarik di sekitar pantai.Pusat penyelaman yang dilengkapi dengan peralatan modern dan instruktur berpengalaman. Keterlibatan komunitas diving dalam kegiatan konservasi laut.

Aktivitas rekreasi di Pantai Laguna Samudra tidak hanya menawarkan pengalaman berlibur yang seru, tetapi juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan kekayaan alam laut.

Dari kegiatan berenang yang menyenangkan hingga petualangan selancar yang mengasyikkan, pantai ini menyajikan berbagai pilihan untuk setiap jenis pengunjung. Oleh karena itu, wisatawan dapat memilih aktivitas yang sesuai dengan preferensi mereka dan menyatu dengan keindahan alam yang memukau.

Kuliner wisata pantai laguna samudra

Kuliner di sekitar Pantai Laguna Samudra merupakan daya tarik tambahan bagi para wisatawan yang berkunjung. Berikut adalah beberapa kuliner wisata yang dapat dinikmati di sekitar pantai tersebut:

  1. Ikan Bakar Pantai Laguna Samudra menawarkan ikan bakar sebagai kuliner utama. Para pengunjung dapat menikmati ikan segar yang dipanggang dengan cita rasa khas daerah, memberikan pengalaman kuliner laut yang lezat.
  2. Sate Gurita Kuliner khas Pantai Laguna yang paling terkenal adalah sate gurita. Harganya pun tidak akan membuat dompet anda terkuras, sebab hanya dengan 25 ribu saja sudah bisa mencicipi satu porsi sate gurita.
  3. Kerang Rebus Kuliner laut lainnya yang populer di sekitar Pantai Laguna Samudra adalah kerang rebus. Kerang segar yang dimasak dengan bumbu khas memberikan pengalaman rasa yang unik dan nikmat.
  4. Nasi Goreng Nasi goreng juga biasanya tersedia di warung-warung sekitar pantai sebagai alternatif yang familiar bagi pengunjung. Rasanya yang gurih dan beragam membuatnya cocok untuk semua selera.
  5. Es Kelapa Muda Untuk minuman penyegar, es kelapa muda adalah pilihan yang tepat. Dengan suasana pantai yang hangat, es kelapa muda dapat memberikan kesegaran dan kenyamanan bagi para pengunjung.
  6. Kopi Bengkulu Bagi para penggemar kopi, mencicipi kopi khas Bengkulu juga bisa menjadi pengalaman kuliner yang menarik. Beberapa warung atau kios di sekitar pantai mungkin menyediakan kopi lokal untuk dinikmati.
  7. Kerupuk Kulit Ikan Kerupuk kulit ikan merupakan camilan yang umum dijual di sekitar pantai. Kerupuk ini dapat menjadi teman yang nikmat saat bersantai di tepi pantai atau saat menikmati pemandangan matahari terbenam.
  8. Lemang Jika beruntung, beberapa warung di sekitar Pantai Laguna Samudra mungkin juga menyajikan lemang, hidangan tradisional dari ketan yang dimasak dalam bambu. Ini dapat menjadi pilihan kuliner yang unik untuk dicoba.
Baca:  Kenali sejarah Benteng Marlborough di Bengkulu

Dengan berbagai pilihan kuliner laut dan lokal, perjalanan wisata di sekitar Pantai Laguna Samudra tidak hanya memanjakan mata dengan keindahan alam, tetapi juga menyajikan pengalaman kuliner yang beragam bagi para pengunjung.

Fasilitas yang ada saat liburan ke pantai laguna samudra

Pantai Laguna yang merupakan tempat wisata pantai, jadi beberapa pengunjung bisa menikmati tempata wisata ini dengan berbagai aktifitas, seperti renang, dan memancing.

Demi kenyamanan pengunjung. Wisata pantai laguna juga menyiapkan fasilitas sebagi berikut:

  1. Mushola
    Didalam objek wisata Pantai Laguna juga menyediakan Mushola untuk
    pengunjung wisata ingin beribadah. Dengan ukuran Musholah yang cukup
    luas, Mushola ini menyediakan peralatan sholat untuk pria (sarung) maupun
    wanita (mukena) dan juga sejadah didalamnya.
  2. Penginapan
    Jarak wisata Pantai Laguna ini sangatlah jauh dari kota, disini juga
    tersedia penginapan apabila ada pengunjung yang ingin bermalam, dengan
    harga yang cukup terjangkau sekitar Rp. 200.000,-/malam pengunjung
    dapat bermalam menikmati suasana Pantai Laguna pada malam hari.
  3. Toilet
    Ditempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet
    umum yang berada didekat penginapan. Toilet yang disediakan juga sudah
    nyaman dan bersih dengan air berasal dari sumur yang tersedia ditenpat
    wisata tersebut
  4. Warung
    Dalam area wisata Pantai Laguna ini sudah disediakan warung apabila
    pengunjung yang datang tidak membawa bekal makanan. Terdapat tiga
    warung yang telah disediakan oleh pihak pengelola, para pedagang yang
    berjualan ditempat ini adalah warga yang berasal dari daerah ojek wisata
    Pantai Laguna.
  5. Parkir
    Didalam objek wisata Pantai Laguna ini telah disedakan fasilitas tempat
    parkir kendaran pengunjung seperti mobil dan motor yang membuat
    pengunjung tidak kesulitan pada saat memarkirkan kendaraannya.
Baca:  Danau Dendam Tak Sudah, Permata Wisata di Kota Bengkulu yang Memukau

Harga tiket Masuk pantai laguna

Pantai Laguna yang luas daerahnya 7000 km2 dengan pasir putih serta susana pantai yang tenang selalu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung setiap harinya.

Dengan begitu Pantai Laguna memiliki harga tiket yang sangat terjangkau mulai dari Rp. 10.000,- perorang. Berbeda dengan hari-hari besar seperti tahun baru harga
tiket masuk naik menjadi Rp. 15.000,- perorang.

Untuk biaya parkir kendaraan mulai dari sepeda motor di kenakan biaya Rp. 5000,-, dan juga untuk biaya parkir kendara mobil dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- sebagai biaya menjaga kendaraan yang berada di kawasan Pantai Laguna tersebut.

Akses Lokasi dan Transportasi

Adapun akses lokasi dan transportasi yang akan menuju ke Pantai Laguna melalui
sebagai berikut:

Lokasi yang jauh dari perkotaan dengan melewati jalan lintas Barat Sumatera, dengan begitu belum adanya transportasi yang melewati jalan menuju kearah Pantai Laguna tersebut. Wisatawan untuk mencapai lokasi Pantai Laguna diharuskan mengggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil untuk menuju lokasi Pantai Laguna. Dengan kondisi jalan yang baik sepanjang jalan menuju kawasan Pantai Laguna.

Wisatawan yang akan menuju Pantai Laguna yang melewati jalan Lintas Barat Sumatera biasanya wisatawan dipatokan dengan rumah makan Mbak Tiwi Merpas, dari jarak rumah makan berjarak sekitar 5 km barulah bertemu pintu gerbang utama Pantai Laguna.

Gege Interior Bengkulu