Dempo XLer

Wisata Bengkulu yang Harus Dikunjungi, Berikut Daftar Destinasinya

Azizul Fikri
wisata bengkulu
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu – Wisata Bengkulu dikenal dengan potensi wisata alam yang sangat berkarakter alami, namun masih belum terkspos di tingkat nasional, Bahkan masih banyak juga orang tidak tahu dimana itu Bengkulu.

Kita bisa menikmati keajaiban-keajaiban yang belum banyak tersorot di mata nasional, dengan keindahan alam yang menakjubkan.

mengetahui budaya  bengkulu yang begitu menarik dari sisi wisata alam dan sejarahnya. Ada begitu banyak  rekomendasi destinasi wisata bengkulu yang potensial untuk di kunjungi teman-teman sekalian.

[ez-toc]

Fort Marlborough di Bengkulu

Fort Marlborough merupakan bagian wisata di bengkulu, sebuah monumen bersejarah yang megah di kota Bengkulu, menjadi saksi bisu perjalanan zaman dan kisah-kisah yang terpatri dalam dinding-dindingnya.

Benteng ini, yang dibangun oleh Inggris pada abad ke-18, menggambarkan sebuah kepaduan dengan arsitektur militer kolonial dan menyimpan beragam sejarah menarik tentang masa lalu yang masih relatable sampai sekarang.

Bentuk megah Fort Marlborough mencerminkan ketahanan dengan tepat guna dari desain militer pada zamannya. Dengan dinding yang kokoh dan menara penjaga yang tinggi, benteng ini membuat kesan gagah dan teguh di tengah pinggiran laut. View dari atas dalam benteng kita bisa langsung menikmati keindahan dari pantai

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu merupakan saksi bisu dari bagian sejarah panjang yang melibatkan proklamator Indonesia, Ir. Soekarno.

Terletak di tengah Kota Bengkulu, rumah ini menjadi tempat pengasingan bagi Bung Karno selama lebih dari satu dekade, disini juga banyak kenangan dramatis dan inspiratif yang memberikan warna pada perjuangan bangsa.

Pulau Tikus Bengkulu

Bengkulu merupakan provinsi yang kaya akan keindahan alamnya, seringkali terlupakan oleh para wisatawan lokal dan wisatawan asing. Salah satu destinasi yang sayangnya belum banyak dikunjungi adalah Pulau Tikus.

Terletak di lepas pantai, pulau ini menyuguhkan pesona laut yang indah dengan pantainya yang bersih dan air laut yang jernih. Mengapa begitu sedikit orang yang mengetahui tentang keindahan tersembunyi ini?

Pantai Panjang Bengkulu

Wisata bengkulu selanjutnya adalah Pantai Panjang , yang memanjang sejauh 7 kilometer, bukan hanya dari keindahan pemandangan lautnya saja, tetapi juga banyak menyimpan jejak sejarah.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat beraktivitas seperti berjalan-jalan di sepanjang pantai, bermain voli pantai, atau hanya menikmati keindahan matahari terbenam.

Baca:  Danau Dendam Tak Sudah, Permata Wisata di Kota Bengkulu yang Memukau

Dengan aksesibilitas yang baik dan berbagai fasilitas yang tersedia, Pantai Panjang menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keajaiban alam di Bengkulu.

Danau Dendam

Danau Dendam Tak Sudah, sebuah destinasi wisata yang memikat hati, kini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi Kota Bengkulu. Terletak di tengah kota, danau ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan keindahan alamnya yang memukau dan berbagai kegiatan wisata menarik.

Wisata Alam Bengkulu Yang Ada di Curup

Bukit Kaba

Bukit Kaba, yang menjadi salah satu puncak tertinggi di Sumatra , juga menjadi destinasi wisata alam yang kurang mendapat perhatian yang pantas. Pemandangan yang asri dari puncaknya memberikan panorama yang membuat kedamaian.

Perjalanan mendaki menuju puncak gunung ini merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi para pendaki. Saat berada di jalur pertama, suasana hutan yang lebat memberikan sensasi keasrian alam yang memukau.

Bukit Kaba memiliki nilai sejarah dan budaya yang akrab bagi masyarakat curup – rejang lebong. Terdapat cerita-cerita lisan yang diwariskan dari generasi ke generasi, yang mencakup kepercayaan dan tradisi masyarakat sekitar.

Pengunjung dapat memahami lebih dalam tentang kehidupan dan kearifan lokal sambil menikmati panorama alam yang menakjubkan dari puncak Bukit Kaba

saat berada di puncak, panorama yang terbentang anda akan menyaksikan keindahan alam yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Dua kawah yang menawan dengan warnanya yang khas menjadi daya tarik tersendiri.

Kawah hijau memberikan nuansa segar, sementara kawah berwarna putih kecoklatan menyatu dengan keindahan alam sekitarnya.

Selain pesona alamnya, gunung ini juga menyuguhkan kegiatan pendakian yang menantang namun memuaskan. Pengunjung dapat menikmati momen istimewa saat matahari terbit atau terbenam di puncak gunung, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Dengan keunikan pemandangan dan aksesibilitas yang baik, gunung ini menjadi destinasi populer bagi para pecinta alam dan pendaki.

Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung, terletak di daerah Curup, Bengkulu, adalah salah satu daya tarik alam paling memukau di daerah bengkulu.

Dikelilingi dengan hutan tropis yang hijau, air terjun ini menyajikan pemandangan yang alami dan suasana yang tenang. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil merasakan kesegaran air terjun dan mendengar gemericik air yang jatuh.

Baca:  Misteri Danau Rakihan: Konon dijaga oleh Dua Naga

Selain pesonanya, Air Terjun Curup Maung juga dikelilingi oleh cerita-cerita sejarah dan mitos lokal yang menambah nuansa mistis.

Legenda seputar air terjun ini dapat menjadi tambahan menarik bagi wisatawan yang ingin memahami warisan budaya masyarakat bengkulu.

Tempat Wisata di Bengkulu Tengah

Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah ini sangat populer sebagai salah satu wisata di Bengkulu. Banyak yang membandingkan kemiripannya dengan Tanah Lot Bali. iya sih kalau kita sudah datang kesini kita pasti berkata dalam hati kalau pantai ini memang tanah lotnya bengkulu.

Pantai Padang Betuah menyajikan pemandangan yang menakjubkan dan menawarkan pengalaman wisata yang unik.  Pantai ini masih sangat alami yang berada di daerah kabupaten bengkulu tengah.

Tempat Wisata di Arga Makmur, Bengkulu Utara

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, yang melintasi beberapa provinsi termasuk Bengkulu Utara, adalah surga bagi para pecinta alam.

Dengan keanekaragaman ekosistemnya, taman nasional ini menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna langka, termasuk harimau sumatera, badak, dan berbagai spesies burung yang unik.

Pengunjung dapat menjelajahi hutan tropis yang megah, melintasi sungai-sungai yang jernih, dan menyaksikan keindahan alam yang masih alami.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan bukan hanya destinasi wisata, tetapi juga menjadi lokasi pelestarian lingkungan yang penting.

Berbagai upaya konservasi dilakukan di sini untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistemnya. Pengunjung dapat memahami peran penting taman nasional dalam pelestarian alam dan ikut serta dalam mendukung upaya konservasi.

Puncak Tugu Lempur

Puncak Tugu Lempur, yang terletak di Arga Makmur, menawarkan panorama alam yang memukau dari ketinggian. Dari puncak ini, pengunjung dapat melihat keindahan pegunungan Bukit Barisan, hamparan hutan hijau, dan terkadang, jika cuaca mendukung, pemandangan laut di kejauhan.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam dari puncak Tugu Lempur menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung.

Tugu Lempur bukan hanya menawarkan pemandangan yang memukau, tetapi juga memiliki makna dan nilai budaya yang mendalam. Tugu ini sering diidentifikasi dengan kearifan lokal dan tradisi masyarakat setempat.

Baca:  Kenali sejarah Benteng Marlborough di Bengkulu

Pengunjung dapat mengeksplorasi cerita-cerita seputar Tugu Lempur dan memahami bagaimana nilai-nilai budaya tertanam dalam struktur dan makna tempat ini. Melibatkan diri dalam interaksi dengan penduduk setempat juga dapat memberikan perspektif yang lebih dalam tentang nilai-nilai budaya yang ada di sekitar Tugu Lempur.

Wisata di Kaur, Bengkulu

Pantai Laguna

Pantai Laguna, sebuah surga yang tersembunyi di Kabupaten Kaur,  pantai laguna adalah salah satu Wisata Bengkulu yang wajib dikunjungi,  pantai laguna dengan keindahan alam yang memesona dan keberagaman ekosistem laut yang menakjubkan, pantai ini harus kita catat dalam daftar destinasi kita.

Di bawah sorotan matahari tropis, pantai ini memberikan pengalaman yang buat candu bagi setiap pengunjungnya.

Salah satu daya tarik utama Pantai Laguna adalah kombinasi menakjubkan antara pasir putih yang lembut dan air tawar yang menyejukkan. Air tawar ini membentuk sebuah laguna yang memisahkan pantai dari lautan, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Keberagaman hayati bawah laut di Pantai Laguna sangat mengesankan. Terumbu karang yang masih alami dan warna-warni ikan-ikan kecil yang berenang  menciptakan panorama bawah laut yang memukau. Snorkeling di sini adalah pengalaman tak terlupakan, memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan kehidupan laut yang berlimpah.

Pantai Laguna juga menawarkan aktivitas menarik lainnya, seperti berlayar di atas laguna dan menjelajahi hutan mangrove yang tumbuh di sekitarnya. Berlayar di atas perahu tradisional sambil menikmati pemandangan alam sekitar memberikan pengalaman yang menenangkan dan memikat. Sementara itu, menyusuri hutan mangrove memberikan kesempatan untuk mengenal lebih dekat ekosistem unik ini dan peran pentingnya dalam menjaga keseimbangan lingkungan

Kuliner Khas Bengkulu

Bengkulu bukan hanya tempat untuk mata memandang, tetapi juga lidah yang ingin menjelajahi kelezatan kuliner lokal. Dari hidangan laut segar hingga olahan tradisional, kuliner khas bengkulu menyajikan menu-menu yang patut dicoba.

Aktivitas Ekowisata

Bengkulu memiliki potensi besar untuk pengembangan ekowisata yang bertanggung jawab. Melalui partisipasi dalam aktivitas ekowisata, wisatawan dapat berkontribusi pada pelestarian alam dan keberlanjutan lingkungan.

Gege Interior Bengkulu