Dempo XLer
Daerah  

Pedagang Ambil Alih Pengelolaan PTM Muara Aman Selama 6 Bulan

Azizul Fikri
PTM Muara Aman
PTM Muara Aman Dikelola Pedagang, Solusi Swadaya untuk Masa Depan
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu – Sebuah terobosan baru terjadi di Kabupaten Lebong dengan penyelesaian mega proyek Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman. Proyek senilai puluhan miliar yang selesai dibangun pada tahun 2023 lalu, kini memasuki fase operasional dengan kebijakan pengelolaan yang melibatkan peran masyarakat.

Dalam rapat teknis yang dihadiri oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lebong, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebong, serta perwakilan paguyuban pedagang, diputuskan bahwa pengelolaan PTM tersebut akan diserahkan kepada pedagang selama enam bulan ke depan.

SEKKAB Lebong, Mustarani Abidin, menyatakan, “Kami melihat partisipasi aktif para pedagang sebagai langkah positif dalam meningkatkan perekonomian daerah. Dengan kerja sama yang baik, kami yakin PTM Muara Aman akan berkembang dan memberikan dampak positif bagi semua pihak terkait.”

Baca:  Peningkatan Kualitas Layanan BBM Subsidi di Bengkulu

Sementara itu, paguyuban pedagang di PTM Muara Aman berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Mereka juga menyambut baik bantuan dari pemerintah dalam penyediaan pelatihan dan sarana pendukung lainnya.

Bupati Lebong, Kopli Ansori, menekankan pentingnya nilai manfaat dari PTM ini. Meskipun Pemerintah Kabupaten belum menyiapkan dana pengelolaan, para pedagang diminta untuk bersedia berkontribusi secara swadaya untuk menutupi biaya operasional selama enam bulan ke depan.

“Saat ini, kita memiliki Perda yang baru disahkan pada akhir tahun lalu, namun, dibutuhkan waktu untuk sosialisasi dan alokasi dana untuk listrik, kebersihan, dan keamanan. Oleh karena itu, kami menyampaikan tanggung jawab sementara kepada para pedagang yang menempati PTM,” tambah Kopli Ansori.

Baca:  Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Siapkan Dana 20 Miliar Rupiah untuk Perbaikan Jalan Rusak

Meskipun pengelolaan pasar tradisional ini diserahkan kepada pedagang, pemerintah tetap mempertahankan tanggung jawab terhadap aspek-aspek vital seperti listrik, kebersihan, dan keamanan. Paguyuban pedagang diminta untuk berkontribusi dengan data kebutuhan pengelolaan, yang nantinya akan dibagi secara adil.

Dengan langkah ini, diharapkan PTM Muara Aman dapat tetap beroperasi secara efisien dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat.

Para pedagang pun diharapkan dapat berkolaborasi dalam menyusun pola pengelolaan yang paling cocok untuk memastikan keberlanjutan pasar tradisional ini dalam jangka panjang.

Gege Interior Bengkulu