Dempo XLer

Kolaborasi TikTok dan Tokopedia: GOTO Meluncurkan TikTok Shop

Andi Hartono
tiktok shop
PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok mengumumkan kemitraan resmi
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu -Dalam langkah strategis untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia, PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok mengumumkan kemitraan resmi.

Kolaborasi ini akan menghadirkan TikTok Shop di bawah naungan Tokopedia, menandai terobosan signifikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan pelaku UMKM di tanah air.

Dalam konferensi pers yang digelar pada awal pekan ini, CEO GOTO menjelaskan bahwa TikTok akan memiliki pengendalian atas layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia.

“Kemitraan ini tidak hanya tentang bisnis, tetapi juga tentang pemberdayaan pelaku UMKM dan menciptakan pengalaman belanja yang lebih baik bagi pengguna,” katanya.

Sebagai bagian dari kesepakatan, TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp23 triliun di GOTO. Dana ini akan digunakan untuk mendukung operasional Tokopedia, menciptakan inovasi baru, dan memperluas jangkauan pasar.

Baca:  Kabar Gembira ! KUR Bank Bengkulu Bisa Pinjam Sampai 500 Juta, Ini Dia Syaratnya

Komitmen jangka panjang ini diharapkan membawa dampak positif bagi pertumbuhan bisnis Tokopedia, khususnya dengan integrasi TikTok Shop. Pelanggan akan dapat menemukan produk unik asal Indonesia dengan lebih mudah melalui platform ini.

Selain itu, TikTok dan GOTO juga berencana meluncurkan kampanye “Beli Lokal” pada hari ini, yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional. Kampanye ini akan menyoroti berbagai jenis merchan dengan fokus utama pada produk asli Indonesia, memberikan dorongan tambahan bagi pelaku UMKM.

Meskipun kemitraan ini awalnya akan melewati periode uji coba, pihak terkait meyakinkan bahwa langkah-langkah konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait akan diambil untuk memastikan kelancaran operasional.

Baca:  Binggung Mau Bangun Rumah Sendiri atau Beli Rumah Jadi? Rafflesia Sinar Property Bengkulu Solusinya!

Seiring pengumuman ini, saham GOTO mengalami fluktuasi, melemah hingga 20% pada perdagangan Senin kemarin. Analis pasar menyebutkan bahwa hal ini dapat menjadi respons alami dari pasar terhadap perubahan besar dalam struktur perusahaan.

GOTO juga akan terus menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk melalui layanan keuangan digital GOTO Financial dan layanan on-demand dari Gojek. Penerimaan pendapatan dari Tokopedia diharapkan menjadi salah satu faktor pendukung pertumbuhan jangka panjang bagi GOTO.

Dengan integrasi TikTok Shop, harapannya kemitraan ini akan menciptakan gelombang positif dalam perekonomian digital Indonesia, memberikan peluang lebih besar bagi pelaku UMKM dan memperkaya pengalaman belanja online para konsumen.

Gege Interior Bengkulu