Dempo XLer

Manfaat air ketumbar untuk kesehatan, begini cara buatnya

Azizul Fikri
manfaat air ketumbar
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu – Apakah kamu sudah merasakan manfaat air ketumbar? atau belum pernah mencoba minum air ketumbar ? Ternyata, di balik kelezatannya sebagai bumbu, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minuman ini. yuk kita bahas apa saja manfaat dari air ketumbar ini, dan bagaimana bisa menjadi sebagai rekomendasi minuman yang menyehatkan dan menyegarkan.

[ez-toc]

Komposisi Nutrisi

Ketumbar bukan hanya sekadar bumbu masakan. Di dalamnya terkandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Ada vitamin K, vitamin C, zat besi, dan masih banyak lagi. Jangan heran kalau minum air ketumbar bisa bikin tubuh kita serasa fresh dan happy!

Manfaat Kesehatan

Air ketumbar ternyata bisa jadi sahabat baik pencernaan kita. Bukan hanya itu, tekanan darah pun bisa terjaga dengan baik. Jadi, untuk kamu yang ingin hidup sehat tanpa obat-obatan kimia, air ketumbar bisa jadi pilihan yang oke banget.

Bagus Untuk Kulit

Mimpi punya kulit sehat dan berkilau? Air ketumbar jawabannya. Dengan mengonsumsi minuman ajaib ini, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih, terhindar dari jerawat, dan bahkan rambut yang lebih sehat. Jadi, nggak ada salahnya mencoba, kan?

Napas Tetap Fresh

Air ketumbar gak cuma enak diminum, tapi juga bisa bikin napas tetap fresh. Ketumbar punya senyawa antibakteri yang bisa bantu atasi bau mulut dan menjaga kebersihan mulut kita. Jadi, setelah minum air ketumbar, bisa langsung merasakan keleluasaan dan kepercayaan diri

Baca:  Melayu Merupakan Suku yang Semua Warganya Muslim

Atasi Masalah Perut

Kalo lagi ada masalah pencernaan, air ketumbar bisa jadi solusi. Ini berkat sifat antijamur dan antiinflamasi yang dimilikinya. Air ketumbar bisa meredakan kembung, gas, dan peradangan di perut. Jadi, bisa makan enak tanpa khawatir masalah pencernaan yang bikin tak nyaman.

Turunin Kolesterol

Kandungan dalam ketumbar juga punya peran penting buat kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Jadi, dengan rajin minum air ketumbar, kita ikut menjaga kesehatan jantung kita.

Bagus buat Penderita Diabetes

Buat yang punya diabetes, ekstrak ketumbar bisa membantu mengelola kadar gula darah.

Anti inflamasi

Kandungan antiinflamasi di dalam ketumbar bisa bantu meredakan peradangan dalam tubuh, cocok buat yang punya masalah arthritis.

Turunin Tekanan Darah

Buat yang punya diabetes, air ketumbar bisa jadi teman baik. Senyawa dalam ketumbar diketahui membantu mengelola kadar gula darah. Jadi, gak ada salahnya mencoba air ketumbar sebagai bagian dari perencanaan diet sehari-hari.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Senyawa antioksidan di dalam ketumbar bisa bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi tubuh lebih kuat melawan infeksi.

Baca:  Cara Membuat SIM Online, Sekarang Sudah Semakin Mudah

Bantu Pemulihan dari Flu dan Pilek

Kalo lagi flu atau pilek, air ketumbar bisa bantu meredakan gejalanya. Makanya, bagus juga buat diminum pas lagi gak enak badan.

Redakan Stres dan Kecemasan

Aroma ketumbar punya efek menenangkan, bisa membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Sumber Nutrisi

Selain bikin tubuh seger, air ketumbar juga punya banyak manfaat lho! air ketumbar ini kaya akan nutrisi, sepertri vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang baik buat tubuh. Gak cuma itu, aromanya juga bisa bikin hati jadi tenang, jadi bisa membantu mengurangi rasa stres dan kecemasan. Jadi, selain buat kesehatan fisik, air ketumbar juga bisa jadi teman baik buat kesehatan pikiran kita, deh!

Cara Menyajikan Air Ketumbar yang simple

Nah, kalau kamu tertarik untuk mencoba air ketumbar di rumah, tak perlu khawatir. Resepnya simpel kok! Kamu hanya perlu menyiapkan bahanya :

Bahan-bahan:

  1. Dua sendok makan biji ketumbar
  2. Satu liter air bersih

Langkah-langkah merebus air ketumbar, ini caranya:

  1. Rebus aja 1 liter air bersih sampe mendidih.
  2. Pas udah mendidih, campurkan 2 sendok makan biji ketumbar ke dalam air yang lagi on fire itu. Biarin aja sekitar 15 menit supaya aroma dan khasiat ketumbar bisa masuk ke airnya.
  3. Setelah itu, saring deh biji ketumbarnya dari airnya. Jadi yang kita butuhin cuma air ketumbar aja.
  4. Selanjutnya, biarkan air ketumbar ini ditemenin angin sampe sekitar 2 jam. Nah, baru deh bisa langsung diminum.
Baca:  Rahasia Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian Anda

Meskipun air ketumbar punya segudang manfaat, tapi tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, ada batasan konsumsi untuk ibu hamil atau penderita kondisi tertentu. Jadi, sebelum mencoba, sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli gizi atau dokter.

Dari segala manfaat yang bisa kita dapatkan, air ketumbar memang layak jadi andalan kita. Selain menyehatkan, rasanya pun enak dan menyegarkan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba dan rasakan sendiri manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikanmu!

 

Referensi :

Faradiba, N (2021, September 19). Khasiat Ketumbar untuk Wanita

DTPH, 2022. Manfaat air rebusan “Ketumbar (Coriandrum Sativum)” bagi Kesehatan

Gege Interior Bengkulu