Dempo XLer

Universitas Bengkulu miliki 69 Program Studi dan Institusi Terakreditasi Internasional

Andi Hartono
Universitas Bengkulu
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu – Universitas Bengkulu (UNIB) telah mencapai pencapaian luar biasa dengan meraih akreditasi internasional dari lembaga ACQUIN (The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute) yang berbasis di Bayreuth, Jerman.

Pencapaian ini menempatkan UNIB sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan pengakuan internasional dari ACQUIN.

Dalam seremoni yang berlangsung di Gedung Serba Guna UNIB pada tanggal 11 Desember 2023, Rektor UNIB , Dr. Retno Agustina Ekaputi, S.E, M.Sc, bersama para Wakil Rektor dan Ketua Senat UNIB merayakan prestasi ini dengan bangga.

Dalam pernyataannya, Retno Agustina menyampaikan kebanggaan karena UNIB tidak hanya menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi internasional oleh ACQUIN, tetapi juga memiliki jumlah program studi terbanyak yang mendapatkan pengakuan internasional.

Baca:  Dempo Xler: Penting Bagi Mahasiswa mengetahui Peran Fungsi Legislatif

ACQUIN, sebagai lembaga akreditasi yang terdaftar di EQAR (European Quality Assurance Register for Higher Education), telah mengeluarkan 69 sertifikat akreditasi internasional untuk berbagai program studi di UNIB . Ini mencakup program sarjana (S1), pascasarjana (S2/Magister dan S3/Doktor) di delapan fakultas di UNIB .

Sertifikat ini bukan hanya pengakuan, tetapi juga penjaminan mutu yang mencakup kurikulum dan proses pembelajaran berstandar internasional.

Program studi yang menerima sertifikat akreditasi internasional ACQUIN akan memegang predikat “Program Studi Terakreditasi Internasional” selama maksimal enam tahun. Ini memberikan dorongan signifikan bagi UNIB untuk tetap berkomitmen pada standar kualitas tinggi dan daya saing internasional.

Rektor Retno Agustina menyatakan keberhasilan ini sebagai tonggak sejarah baru bagi UNIB . Perguruan tinggi ini tidak hanya menjadi pelopor dalam akreditasi internasional ACQUIN di Indonesia tetapi juga mengukuhkan komitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Baca:  Polisi Lhokseumawe Aceh Berhasil Menangkap Sindikat Penjualan Manusia

Universitas Bengkulu

Pendekatan akreditasi internasional bukan hanya sebagai suatu keharusan, tetapi juga terkait erat dengan visi UNIB untuk menjadi “universitas kelas dunia pada tahun 2025”. Misinya mencakup pengembangan pendidikan dan penelitian berkelas dunia, menghasilkan karya berstatus Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI), serta pengabdian sesuai kebutuhan masyarakat lokal, nasional, dan internasional.

Akreditasi internasional dianggap UNIB sebagai langkah penting dalam memajukan institusi dan meraih keunggulan. Pengakuan ini menjadi jaminan kualitas di mata publik, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Proses akreditasi internasional oleh ACQUIN di UNIB dimulai sejak tahun 2021, mencapai puncaknya pada bulan November 2022. Tim Manajemen ACQUIN melakukan visitasi luring ke UNIB dan delapan fakultas terkait, memastikan penilaian menyeluruh untuk memenuhi standar ACQUIN.

Baca:  Berikut Profil Anjar Wahyu Wijaya Ketum HMI Cabang Bengkulu Terpilih Periode 2024-2025

Prestasi UNIB dalam meraih akreditasi internasional dari ACQUIN menjadi cermin komitmen terhadap kualitas dan standar internasional.

Hal ini tidak hanya menciptakan kebanggaan bagi UNIB tetapi juga membuktikan bahwa pendidikan tinggi Indonesia mampu bersaing secara global.

Gege Interior Bengkulu