Dempo XLer
Daerah  

PEMKAB BENGKULU UTARA: Siapkan Anggaran 5,5 MILYAR untuk pengamanan PILKADA 2024

Andi Hartono
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Bengkulu Utara menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten tersebut. Dalam rangka memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan kondusif, Pemkab Bengkulu Utara telah menyiapkan anggaran sebesar 5,5 miliar rupiah untuk pengamanan acara demokrasi ini.

Anggaran sebesar 5,5 miliar rupiah tersebut telah resmi dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. Besarannya disesuaikan dengan usulan yang diajukan oleh Kepolisian Resort (Polres) dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0423 Bengkulu Utara, memastikan bahwa aspek keamanan tercakup secara memadai.

Sebagai bagian dari persiapan Pilkada, Pemkab Bengkulu Utara sebelumnya telah mengalokasikan anggaran sebesar 9 miliar rupiah untuk dua lembaga penyelenggara Pemilu, yaitu Badan Pengawas Pemilu (Bawaselu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Langkah ini menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung pelaksanaan Pilkada dengan transparan dan akuntabel.

Baca:  Mantan Presma Unived: Dorong Partisipasi Pemuda Desa dalam Pilgub 2024

Begitu pula, anggaran sebesar 1,3 miliar rupiah disiapkan khusus untuk keperluan pengamanan Pilkada. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bengkulu Utara, Suryadi, menyatakan bahwa anggaran ini telah melalui proses kesepakatan bersama dengan pihak-pihak terkait, termasuk Bengkulu Utara sebesar 4 miliar rupiah dan Kodim 0423 Bengkulu Utara sebesar 1,3 miliar rupiah.

“Pengalokasian dana ini juga mengikuti ketentuan Permendagri Nomor 54 tahun 2019 tentang kegiatan Pilkada dari APBD. Prosesnya telah mencapai tahap Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan telah diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pengesahan dari DPR akan menjadi langkah selanjutnya sebelum anggaran ini dimasukkan ke dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2024”, tutupnya.

Baca:  Dempo Xler Kandidat Gubernur Bengkulu Paling Siap Tantang Petahana

Dengan tersedianya anggaran sebesar itu, diharapkan pelaksanaan Pilkada di Bengkulu Utara dapat berjalan dengan aman, tertib, dan sesuai dengan prinsip demokrasi. Keberlanjutan proses persiapan dan pengamanan ini menjadi investasi penting untuk menjaga stabilitas dan kepercayaan masyarakat terhadap jalannya Pilkada 2024 di Kabupaten Bengkulu Utara.

Gege Interior Bengkulu