Dempo XLer

Rekrutmen CPNS 2024: Presiden Jokowi Mengumumkan Pembukaan Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara

Azizul Fikri
CPNS 2024
Rekrutmen CPNS 2024: Presiden Jokowi Mengumumkan Pembukaan Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara
Tokoh Komputer Bengkulu

SorotBengkulu – Pada konferensi pers yang digelar di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan pembukaan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. Pengumuman rekrutmen CPNS 2024 ini menjadi momentum penting bagi para lulusan baru atau fresh graduate yang berpotensi menjadi bagian dari reformasi birokrasi dan pelayanan publik di Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah menghadapi tantangan disrupsi teknologi yang pesat, sehingga diperlukan para pembelajar muda terampil dari berbagai disiplin ilmu. Penerimaan CASN tahun ini diharapkan dapat mendukung transformasi pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, serta peningkatan kinerja dan akuntabilitas pemerintah.

Pemerintah membuka sebanyak 690.000 formasi JPNS untuk CASN tahun 2024, dengan 207.000 formasi di instansi pusat dan 483.000 formasi di instansi daerah. Selain itu, penataan tenaga non ASN juga akan diselesaikan berdasarkan database Badan Kepegawaian Negara (BKN), sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang ASN.

Baca:  Pemerintah Perpanjang Masa Tanggap Darurat Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur

Rekruitmen sebanyak 600.000 formasi yang belum diangkat akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. Tahun ini, pemerintah berkomitmen membuka rekrutmen cpns 2024 atau calon ASN sebanyak 2.300 formasi sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas birokrasi dan pelayanan publik.

Presiden Jokowi mengundang talenta-talenta muda Indonesia untuk memanfaatkan peluang ini. “Melalui rekrutmen CASN tahun 2024, kita berharap mendapatkan generasi muda yang berkompeten dan berdedikasi tinggi untuk menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, menciptakan pelayanan publik yang berdampak positif, dan membangun Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Proses seleksi CASN 2024 diharapkan akan dilaksanakan secara transparan dan berintegritas. Informasi lebih lanjut terkait persyaratan, jadwal, dan mekanisme pendaftaran dapat diakses melalui portal resmi penerimaan CASN atau melalui pengumuman resmi pemerintah.

Baca:  Anies Baswedan : Apresiasi Mahasiswa Bengkulu

Para calon ASN diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, sambil berkontribusi dalam memajukan sektor pelayanan publik di Indonesia.

Gege Interior Bengkulu